1. Metode Ceramah
Metode
ceramah adalah memberi penjelasan kepada sejumlah siswa pada saat mengajar. Dengan kata lain metode ini adalah
sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara
lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
Ciri-ciri metode ceramah :
a.
Guru berbicara terus menerus di depan kelas
b.
Siswa hanya sebagai pendengar
c.
Pola pengerjaan guru diikuti secara teliti oleh siswa
d.
Siswa hanya menirukan cara penyelesaian yang dikerjakan guru
2.
Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara
mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau
lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat
pendapatnya.
·
Tujuan metode ini adalah :
1) Memotivasi atau memberi stimulasi
kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan pendapatnya, serta
menyumbangkan pikiran-pikirannya.
2) Mengambil suatu jawaban actual atau
satu rangkaian jawaban yang didasarkan atas pertimbangan yang saksama.
3. Metode Penugasan
Suatu cara mengajar dengan cara
memberikan sejumlah tugas yang diberikan guru kepada murid dan adanya
pertanggungjawaban terhadap hasilnya. Tugas tersebut dapat berupa :
1.
Mempelajari bagian dari suatu teks buku
2.
Melaksanakan sesuatu yang tujuannya untuk melatih
kecakapannya
3.
Melaksanakan eksperimen
4.
Mengatasi suatu permasalahan tertentu
4.
Metode Sosiodrama
Suatu
cara mengajar dengan cara pementasan semacam drama atau sandiwara yang
diperankan oleh sejumlah siswa dan dengan menggunakan naskah yang telah
disiapkan terlebih dahulu. Tujuan metode ini adalah :
1.
Melatih keterapilan social
2.
Menghilangkan perasaan-perasaan malu dan renda diri
3. Mendidik dan mengembangkan kemampuan
mengemukakan pendapat
4. Membiasakan diri untuk sanggup menerima pendapat orang lain
5. Metode Latihan (drill)
Suatu
cara mengajar yang digunakan dengan memberikan latihan yang diberikan guru
kepada murid agar pengetahuan dan kecakapan dapat dikuasi oleh anak. Tujuan
dari metode ini adalah :
Memberikan umpan balik (feedback) kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar
Untuk menentukan angka kemajuan atau hasil belajar masing-masing anak didik
Menempatkan anak didik dalam situasi belajar mengajar yang tepat.
Anak dapat mempergunakan daya berfikirnya semakin baik
Pengetahuan anak didik agar semakin bertambah dari berbagai segi.
6. Metode Kerja Kelompok
Kerja
kelompok itu ada dua macam :
Kerja kelompok jangka pendek
Kelompok
ini dapat dilaksanakan dalam kelas dalam waktu yang singkat kurang lebih 20
menit.
Kerja kelompok jangka menengah
Dilaksanakan
dalam beberapa hari karena adanya tugas yang cukup memakan waktu yang agak
panjang.
7. Metode Proyek
Metode
mengajar dengan cara memberikan bermacam-macam permasalahan dan anak didik
bersama-sama menghadapi masalah tersebut dan memecahkannya secara bersama-sama
dengan mengikuti langkah-langkah secara ilmiah, logis, dan sistemastis. Tujuan
metode ini adalah untuk melatih anak didik agar berfikir ilmiah, logis, dan
sistematis.
8. Metode Karyawisata
Metode
ini adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu
tempat atau objek yang bersejarah atau memiliki nilai pengetahuan untuk
mempelajari dan menelilti sesuatu.
9. Metode Tanya jawab
Metode
Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk sejumlah pertanyaan
yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi ada pula dari siswa
kepada guru.
10. Metode Eksperimen
Suatu
metode yang dilakukan dalam suatu pelajaran tertentu terutama yang bersifat
objektif, seperti ilmu pengetahuan alam, baik dilakukan di dalam/di luar kelas
maupun dalam suatu laboratorium tertentu.
11. Metode Kisah Atau Cerita
Merupakan suatu cara mengajar dengan
cara meredaksikan kisah untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di
dalamnya.
12. Metode Tutorial
Metode
ini adalah cara mengajar dengan memberikan bantuan tutor. Setelah siswa
diberikan bahan ajar, kemudian siswa diminta untuk mempelajari bahan ajar
tersebut.
13. Metode Praktek
Metode
mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda
dengan harapan anak didik mendapatkan kejelasan dan kemudahan dalam
mempraktekan materi yang dimaksud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar