Minggu, 08 September 2013

Metode Mengajar


1.     Metode Ceramah
          Metode ceramah adalah memberi penjelasan kepada sejumlah siswa pada saat mengajar. Dengan kata lain metode ini adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
Ciri-ciri metode ceramah :
a.     Guru berbicara terus menerus di depan kelas
b.     Siswa hanya sebagai pendengar
c.      Pola pengerjaan guru diikuti secara teliti oleh siswa
d.     Siswa hanya menirukan cara penyelesaian yang dikerjakan guru

2.     Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.

·     Tujuan metode ini adalah :
1) Memotivasi atau memberi stimulasi kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan pendapatnya, serta menyumbangkan pikiran-pikirannya.
2) Mengambil suatu jawaban actual atau satu rangkaian jawaban yang didasarkan atas pertimbangan yang saksama.

3.  Metode Penugasan
Suatu cara mengajar dengan cara memberikan sejumlah tugas yang diberikan guru kepada murid dan adanya pertanggungjawaban terhadap hasilnya. Tugas tersebut dapat berupa :
1.     Mempelajari bagian dari suatu teks buku
2.     Melaksanakan sesuatu yang tujuannya untuk melatih kecakapannya
3.     Melaksanakan eksperimen
4.     Mengatasi suatu permasalahan tertentu

4.     Metode Sosiodrama
Suatu cara mengajar dengan cara pementasan semacam drama atau sandiwara yang diperankan oleh sejumlah siswa dan dengan menggunakan naskah yang telah disiapkan terlebih dahulu. Tujuan metode ini adalah :
1.     Melatih keterapilan social
2.     Menghilangkan perasaan-perasaan malu dan renda diri
3. Mendidik dan mengembangkan kemampuan mengemukakan pendapat
4. Membiasakan diri untuk sanggup menerima pendapat orang lain

5.     Metode Latihan (drill)
Suatu cara mengajar yang digunakan dengan memberikan latihan yang diberikan guru kepada murid agar pengetahuan dan kecakapan dapat dikuasi oleh anak. Tujuan dari metode ini adalah :
 Memberikan umpan balik (feedback) kepada guru untuk memperbaiki proses   belajar mengajar
 Untuk menentukan angka kemajuan atau hasil belajar masing-masing anak didik
 Menempatkan anak didik dalam situasi belajar mengajar yang tepat.
 Anak dapat mempergunakan daya berfikirnya semakin baik
 Pengetahuan anak didik agar semakin bertambah dari berbagai segi.

6.     Metode Kerja Kelompok
Kerja kelompok itu ada dua macam :
 Kerja kelompok jangka pendek
Kelompok ini dapat dilaksanakan dalam kelas dalam waktu yang singkat kurang lebih 20 menit.
 Kerja kelompok jangka menengah
Dilaksanakan dalam beberapa hari karena adanya tugas yang cukup memakan waktu yang agak panjang.

7.     Metode Proyek
Metode mengajar dengan cara memberikan bermacam-macam permasalahan dan anak didik bersama-sama menghadapi masalah tersebut dan memecahkannya secara bersama-sama dengan mengikuti langkah-langkah secara ilmiah, logis, dan sistemastis. Tujuan metode ini adalah untuk melatih anak didik agar berfikir ilmiah, logis, dan sistematis.

8.     Metode Karyawisata
Metode ini adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek yang bersejarah atau memiliki nilai pengetahuan untuk mempelajari dan menelilti sesuatu.

9.     Metode Tanya jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk sejumlah pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi ada pula dari siswa kepada guru.

10.     Metode Eksperimen
Suatu metode yang dilakukan dalam suatu pelajaran tertentu terutama yang bersifat objektif, seperti ilmu pengetahuan alam, baik dilakukan di dalam/di luar kelas maupun dalam suatu laboratorium tertentu.

11.     Metode Kisah Atau Cerita
Merupakan suatu cara mengajar dengan cara meredaksikan kisah untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

12.     Metode Tutorial
Metode ini adalah cara mengajar dengan memberikan bantuan tutor. Setelah siswa diberikan bahan ajar, kemudian siswa diminta untuk mempelajari bahan ajar tersebut.

13.     Metode Praktek

Metode mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda dengan harapan anak didik mendapatkan kejelasan dan kemudahan dalam mempraktekan materi yang dimaksud.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar